Penjelasan & Contoh Computational Thinking Teknologi Informatika

Computational thinking merupakan cara berpikir untuk menyelesaikan masalah (problem solving) dengan cara menguraikannya menjadi beberapa tahapan yang efektif, efisien, dan menyeluruh, meliputi: decomposition, pattern recognition, abstraction, algorithms. 

Pemikiran komputasi terdapat 4 tahap yaitu :

  1. Decomposition, merupakan pembagian masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau sederhana.
  2. Pattern recognitionyakni mencari atau mengenali kesamaan pola dalam maupun antar masalah yang ingin dipecahkan.
  3. Abstractionmelihat permasalahan secara mendasar sehingga dapat melihat jangkauan luas yang lebih penting dan mengabaikan detil kecil yang sebetulnya kurang relevan.
  4. Algorithmmengembangkan sistem, sekuen, atau langkah-langkah solusi yang dapat diterapkan secara menyeluruh terhadap pola yang sama sehingga lebih efektif dan efisien.

 

Kelemahan Computational Thinking

Computational thinking tidak lebih dari sekedar turunan atau cabang pemikiran yang dihasilkan dari pendekatan saintifik pula. Jangan lupa bahwa teknologi adalah pengaplikasian sains.

 

Kelebihan Computational Thinking

Pada kasus Pendekatan saintifik bisa jadi pendekatan saintifik memiliki lebih banyak keefektifan jika hanya diaplikasikan oleh perguruan tinggi yang berorientasi membentuk ilmuwan atau cendekia. Apalagi jika kita menerapkan efisiensinya dalam problem solving.

 

Problem Solving

problem solving adalah sebuah kemampuan untuk mencari solusi atas segala halangan dari tujuanmu.

Untuk menyelesaikan masalah perlu langkah langkah :

  1. Analisis situasi
  2. Buat daftar solusi
  3. Pilih solusi terbaik
  4. Rancang rencana
  5. Evaluasi

 

Computational Thinking dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh mudahnya adalah bagaimana sistem antrean menyelesaikan permasalahan keadilan dan keefisienan dalam menunggu giliran. Berbagai sistem manual seperti hukum, syarat dan ketentuan, SOP (standar operasional) dalam melaksanakan suatu pekerjaan merupakan salah satu bentuk nyata dari pemikiran komputasi. Bedanya, jika sistem tersebut dibuat berlandaskan pemikiran komputasi, maka peraturan yang ada akan jauh menjadi lebih dinamis dan sesuai dengan kebutuhannya.

 

Video penjelasan bisa cek Youtube kami dibawah ini

Selamat Bertambah Ilmu.

 

Banyak info menarik tentang dunia IT juga yang telah kami post di Blog kami.

Semoga bermanfaat.
Untuk kalian yang membutuhkan IT Consultancy, Pelatihan MS Office, Desain, Adobe, Video Editor bisa hubungi https://dsolusi.com/
dan jika membutuhkan Jasa Service Komputer dan Laptop, Rakit Komputer, Service Printer, Kamera CCTV, PABX, Install Windows Desktop & Server, Install Linux Desktop & Server, Website, Jaringan LAN, dll. bisa langsung hubungi kami ! FREE CONSULTASI !

 

More Info:
Telp/WA : (+62) 8521 6216 205 / https://wa.me/6285216216205
Alamat : Jl. Cemerlang II, Pondok Gede