Pengenalan Struktur IF Pada Bahasa Pemrogramman C++

Halo Teman Indojasa

Jika sebelumnya kami telah membahas mengenai Flowchart.
Maka pada kali ini kami akan membahas mengenai Pengenalan struktur if else dan if else if pada C++.

 

Kondisi setelah keyword if atau else if adalah tempat dimana anda menaruh sebuah nilai boolean atau ekspresi seperti perbandingan, logika dan lain-lain yang menghasilkan bilangan Boolean. Badan pernyataan if akan dieksekusi tergantung pada kebenaran dari kondisi. Jika evaluasi ekspresi bernilai benar (true) sesuai kondisi maka program akan melaksanakan perintah (pernyataan) di dalamnya. Jika tidak maka akan diabaikan dan beralih ke pilihan lain atau keluar dari pernyataan penyeleksian if.

 

Else if adalah pilihan alternative dari penyeleksian untuk mencari kondisi yang diinginkan, else if memiliki fungsi yang sama seperti pernyataan if dan diletakan setelah pernyataan if.

 

Else adalah pilihan terakhir yang akan dijalankan jika semua pilihan tidak memiliki nilai benar (true) pada kondisi yang ada. else merupakan pernyataan opsional untuk digunakan berdasarkan kebutuhan, jika tidak menggunakan pernyataan else maka keseluruhan dari pernyataan if akan diabaikan.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

 

 

  1. Buat flowchartnya terlebih dahulu, saya membuat inputan kalimat yang menggunakan kondisi if dan else.
  2. Dimulai dengan start, disimbol preparation terdapat sebuah tipe data string dan flowline tersebut mengarah ke simbol input di dalam sebuah input terdapat perintah input data
  3. Setelah input data flowline menuju simbol decision dimana disini adalah percabangan untuk menentukan hasil true atau false.
  4. Bila perintah data yang kita masukan itu isinya benar maka flowline akan menuju ke simbol output dimana disana terdapat output benar jika memang data yang dimasukan sesuai.
  5. Dan jika yang diinput datanya tidak benar makan flowline decision akan mengarah ke output salah dan akan menghasilkan output data yang dimasukan tidak benar.

 

Kali ini kami juga akan memberikan tahaapan dalam membuat program if else if flowchart
dimana yang saya buat ini untuk sebuah program perhitungan nilai dengan grade tertentu dan nilai tertentu

 

  1. Dimulai dengan start
  2. Lalu disana ada simbol yang berisikan variabel dan tipe data
  3. Setelah itu flowline mengarah ke sebuah simbol input dimana disana terdapat perintah input nilai
  4. Jika nilai yang dimasukan lebih besar dari nilai 90 (sesuai) sudah pasti keterangannya akan lulus
  5. Jika yang dimasukan tidak sesuai pada perintah if tetapi nilai tersebut lebih dari nilai yang ditentukan yang terdapat di else if maka akan menghasilkan keterangan lulus
  6. Dan jika yang dimasukan salah atau nilai tersebut kurang dari nilai yang ditentukan (40) maka output tersebut akan menghasilkan keterangan tidak lulus.
  7. Rinciannya adalah di kondisi if akan memproses jika benar maka hasilnya akan menampilkan grade tertentu lalu akan di proses lagi di proses lagi menggunakan OR
  8. Jika hasilnya benar maka akan menghasilkan keterangan lulus
  9. Dan jika hasilnya salah atau false maka akan menghasilkan keterangan tidak lulus
  10. jika masing masing proses sudah dilalui proses yang terakhir akan menghasilkan output, yaitu output yang akan ditampilan “Anda mendapat nilai” (grade), dan Dinyatakan (keterangan).

 

Lalu jangan lupa untuk mengetes hasilnya.

Pastikan semua berhasil, jika masih tidak berhasil maka segera perbaiki dan ikuti cara kami di video ya…

Selamat Bertambah Ilmu.

 

Banyak info menarik tentang dunia IT juga yang telah kami post di Blog kami.

Semoga bermanfaat.
Untuk kalian yang membutuhkan IT Consultancy, Pelatihan MS Office, Desain, Adobe, Video Editor bisa hubungi https://dsolusi.com/
dan jika membutuhkan Jasa Service Komputer dan Laptop, Rakit Komputer, Service Printer, Kamera CCTV, PABX, Install Windows Desktop & Server, Install Linux Desktop & Server, Website, Jaringan LAN, dll. bisa langsung hubungi kami ! FREE CONSULTASI !

 

More Info:
Telp/WA : (+62) 8521 6216 205
Alamat : Jl. Cemerlang II, Pondok Gede