Algoritma dan Pemrograman Pada Informatika

Algoritma adalah instruksi yang ditujukan ke komputer agar dirinya bisa menyelesaikan tugas yang diberikan.

 

Didalam sebuah program yang besar, akan sulit untuk mengatur keseluruhan pemrograman. oleh karna itu perlu adanya Modularisasi.
Modularisasi merupakan proses penyederhanaan suatu program yang kompleks menjadi lebih sederhana degan membagi sebuha program besar menjadi subprogram atau modul kecil

 

Agar tugas dalam sebuah program bisa diselesaikan tanpa kesalahan, instruksinya pun ditulis secara spesifik. Mulai dari istilah yang dipakai sampai dengan langkah-langkahnya.
Beberapa instruksi yang biasa dipakai adalah IF atau jika, THEN atau lalu, dan ELSE atau atau. contoh penerapannya. Agar mobil Tesla bisa menjalankan fitur berkendara otomatis atau self-driving, perlu ada algoritma yang berbunyi “Jika peta menunjukkan perlu belok kiri, lalu belok lah kiri”.

 

Beneran spesifik kan instruksinya?

Nah, itu baru sedikit saja aturan penulisan algoritma yang bisa dicontohkan. Ada banyak lagi aturan penulisan yang bisa kamu pelajari nantinya.

Kebanyakan orang awam yang mendengar tentang kata algoritma ini pasti menduga bahwa ini berkaitan dengan bahasa pemrograman, ilmu komputer, matematika dan berisi sekumpulan angka-angka. Hal itu tidaklah salah karena suatu algoritma memang erat hubungannya dengan perhitungan.
Secara umum, algoritma sendiri mewakili langkah-langkah dalam pemecahan masalah Algoritma bukan lah hal yang baru-baru ini saja muncul. Sejarah algoritma bahkan dimulai jauh dari beratus-ratus tahun sebelum Masehi. Namun, lebih banyak ahli sepakat kalau sejarah algoritma modern pertama dimulai di abad ke-9.

 

Fungsi Algoritma
Intinya, algoritma itu berfungsi untuk memudahkan kita melakukan sesuatu dan memecahkan masalah sehari-hari. Kalau ingin lebih jelas, berikut ini penjelasan fungsi algoritma yang sudah diterapkan sehari-hari.

Algoritma dapat memperkecil kesalahan atau error dalam pemrograman. Sebab, algoritma dapat menjalankan segala sesuatu secara otomatis sesuai rumus atau instruksi yang sudah ditentukan.
Algoritma juga membantu developer mencari kesalahan atau error dari program yang sudah dibuat sebelumnya.
Algoritma membuat penulisan kode dalam sebuah program menjadi lebih efisien. Developer tidak perlu mengulang-ulang penulisan kode untuk program yang ingin dibuat.
Algoritma membantu pembuatan program yang lebih terstruktur dan logis.

 

Apa sih bedanya algoritma sama program?

Algoritma itu berisi sekumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Untuk memudahkan orang memahaminya, algoritma juga diubah bentuknya ke flowchart ataupun pseudocode. Selain itu, algoritma juga bisa diubah bentuknya ke dalam bahasa pemrograman apa saja. Akan tetapi, kerja algoritma tidak terbatas pada mesin saja. Orang pun bisa menggunakan algoritma untuk menyelesaikan masalah tertentu. Beda halnya dengan program yang mesti dijalankan di mesin. Program perlu dijalankan dengan bahasa pemrograman tertentu. Selain itu, program yang valid juga perlu memiliki langkah-langkah pengerjaan yang dipahami oleh si mesin.

 

Contoh Algoritma
Algoritma merupakan suatu alur yang sistematis untuk memecahkan masalah, dengan salah satu bentuk penyajiannya menggunakan flowchart atau diagram. Algoritma ini, juga tidak hanya diterapkan pada pemrograman saja,
akan tetapi di kehidupan sehari-hari pun secara sadar Anda menggunakan algoritma.

 

Contoh sederhana adalah ketika hendak memasak mie rebus, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Serta langkah itulah yang disebut dengan algoritma sederhana. Sebagai contoh lain,
misalnya ada banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis,
tetapi akan menjadi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.

 

Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 8x + 2 Maka, Algoritmanya adalah:
Mulai
Tentukan nilai x
Hitung nilai y = 8x + 2
Cetak nilai x dan y
Selesai

tentu saja kita juga bisa membuatnya sebagai flowchart atau diagramnya, untuk pemrograman kalian bisa tonton di video sebelumnya yang sudah kita upload ya.

Berikut video pembahasannya.

Selamat Bertambah Ilmu.

 

Banyak info menarik tentang dunia IT juga yang telah kami post di Blog kami.

Semoga bermanfaat.
Untuk kalian yang membutuhkan IT Consultancy, Pelatihan MS Office, Desain, Adobe, Video Editor bisa hubungi https://dsolusi.com/
dan jika membutuhkan Jasa Service Komputer dan Laptop, Rakit Komputer, Service Printer, Kamera CCTV, PABX, Install Windows Desktop & Server, Install Linux Desktop & Server, Website, Jaringan LAN, dll. bisa langsung hubungi kami ! FREE CONSULTASI !

 

More Info:
Telp/WA : (+62) 8521 6216 205
Alamat : Jl. Cemerlang II, Pondok Gede